kreasi bisnis internet, untuk masa depan anda.

Wednesday, January 28, 2009

Berkenalan dengan Search Engine

Banyak sekali orang - orang yang menamai dirinya internet marketer menulis dan mempromosikan kekuatan dari marketing online melalui search engine seperti Google, Yahoo dan lainnya. Kini dengan mudah kita bisa menemukan buku - buku bertopik “kaya lewat internet”, “No 1 di Google”, “Google Marketing” dan lain sebagainya.

Apa itu Search Engine ?

Pada tahun 1993, internet mulai berkembang pesat. Dan informasi yang terdapat di internet semakin bertambah banyak hingga sulit untuk kita menemukan informasi yang tepat kita butuhkan lagi. Matthew Gray ( MIT ) mulai mengembangan “web crawler” pada masa itu, engine tersebut berfungsi untuk menemukan, mengelompokan dan menyimpan informasi - informasi dalam web ( meta -data ) agar mudah kita temukan kembali.

Apakah perbedaan Yahoo dan Google ?

Setelah kita mengenal search engine, maka yang membedakan antara satu perusahaan search engine dengan perusahaan lainnya adalah logika pengelolaan datanya. Itulah sebab anda bisa menemukan hasil pencarian dengan urutan yang berbeda - beda di setiap search engine.

Setiap search engine mengembangkan logika algoritma khusus untuk mengelompokan dan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dan akurat menurut mereka masing - masing.

Semakin nyaman dan mudah kita menemukan sebuah informasi lewat search engine tersebut, maka bisa disimpulkan semakin baik algoritma search engine tersebut.

Tentu anda tidak ingin menemukan informasi mengenai pajak, saat anda mencari sesuatu tentang dunia hiburan bukan ?

Apakah mungkin menjadi nomor satu di Google ?

Hampir setiap tahunnya, perusahaan search engine akan memperbarui logika pencarian mereka, sehingga sesuatu yang anda baca dan pelajari di tahun 2008, BELUM TENTU akan relevan lagi ditetapkan di tahun 2009.

Sehingga salah satu hal yang paling ditekankan oleh tim Cityweb, adalah kami tidak pernah menjanjikan nomor 1 atau nomor 2 di search engine, dengan hanya membuat sebuah website.

Oleh dikarenakan menjadi nomor 1 di search engine akan membawakan pengaruh marketing yang sangat besar kepada bisnis anda, hampir setiap harinya para SEO expert berusaha menemukan kelemahan dan mempengaruhi hasil pencarian Google.

Usaha - usaha semacam itu dikenal sebagai ancaman terhadap kualitas pencarian, sehingga Google maupun search engine lain akan selalu menemukan trik anda ! dan mencegah anda.

Bayangkan apabila seorang SEO expert dapat mempengaruhi hasil pencarian seenaknya, mungkin ketika anda mengetik kata “agnes monica”, anda akan melihat sederetan hasil pencarian yang isinya tidak relevan sama sekali, misalnya toko baju, toko sepatu dan lainnya …

Mengapa ? karena kata kunci seperti agnes monica dan nama selebritis lain, di cari hampir 10 juta kali setiap bulannya … ngapain kita optimalkan kata kunci sepetti asuransi …

Apa yang bisa kita lakukan ?

Yang bisa kita lakukan, hanyalah membuat web yang content-based relevant

No comments: