kreasi bisnis internet, untuk masa depan anda.

Wednesday, January 28, 2009

Menjadi No. 1 di Google, studi kasus TokoKebaya.com

Di era free-information seperti sekarang ini, sungguh ironis banyak training SEO yang mengenakan biaya sangat tinggi kepada para pesertanya, yang mana sebagian besar adalah orang - orang non IT / teknis. Saya kan berbagi sederetan informasi untuk membantu anda menjadi nomor satu di Google secara cuma - cuma disini.

Kesempatan ini, saya mencoba me-review pada tokokebaya.com, salah satu web yang menggunakan jasa SEO consultant di tanah air.

1. Menentukan Keyword dan Keywords Values.

Untuk memulai proses menjadi nomor satu di Google, jelas kita perlu menentukan kata kunci apa yang perlu kita optimalkan. Untuk membantu anda menemukan kata kunci yang tepat anda bisa menggunakan alat - lat gratis yang terdapat di internet seperti :

https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Contoh saja, anda memasukan kata “Kebaya”, maka anda akan menemukan sederetan hasil pencarian yang menunjukan kata - kata yang relevan dengan kata kebaya beserta statistik pencariannya dalam 1 - 2 bulan terakhir di Google.

Disana kita temukan ternyata kata “model kebaya” paling banyak dicari.

model kebaya 1 - 3 600


14,800

Semakin sering kata itu dicari, maka bisa diartikan kata kunci tersebut memiliki kualitas yang semakin baik.

Bagaimana menentukan values sebuah keyword ? dari sederetan kata - kata kunci yang sudah anda temukan contoh : model kebaya, toko kebaya, baju kebaya, kebaya anne avantie. Masing - masing dapat dianalisa artinya, misal “model kebaya” kemungkinan besar orang yang mencari kata tersebut adalah seorang pemilik toko kebaya ataupun juga seorang desainer, sedangkan kata toko kebaya, kemungkinan besar orang yang mencari kata tersebut adalah orang yang sedang mencari toko kebaya di dekat rumahnya.

Sehingga kata “Toko Kebaya” memiliki value / nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan “Model Kebaya”.

Hal ini tergantung dari segmen dan konten web yang anda hadirkan.

2. Menggunakan Keyword Sebagai Nama Domain Website

Salah satu cara paling sederhana, adalah menggunakan keyword sebagai nama website anda. Contoh perusahaan kebaya Cendrawasih di Bandung, memilih nama website “TOKOKEBAYA.com”.

Menggunakan keyword sebagai nama domain web, adalah salah satu langkah awal yang paling efektif.

3. Meng-update META DATA website anda.

Seperti tulisan saya sebelumnya, banyak search engine yang menggunakan META data dari sebuah web sebagai informasi awal pencarian dan pengelompokan website. Apabila anda membuka web tokokebaya.com, klik [ctrl] + u atau View - Source ( Firefox / IE ) anda akan menemukan barisan info ini d awal :

<meta name="description"  content=" Jual bahan baju
kebaya kurung bordir sulam batik silk
sarong Bandung lsg produsen hrg grosir
model terbaru terima pesanan satuan "
/>

<meta name="keywords" content=" Jual bahan kebaya
bordir (sulam) / baju kurung,
3 in 1(sarung, selendang, bahan blouse),
2 in 1 (sarung selendang),
setelan ibu-bapak (sarimbit), batik katun
dan batik sutera (silk)
dari Cirebon dan Pekalongan. "
/>

Yang dimaksud dengan Description adalah penjelasan singkat mengenai website anda, bagian ini akan digunakan sebagai summary text, ketika anda membaca hasil pencarian di Google. Gunakanlah penjelasan yang jelas dan mudah dimengerti dibandingkan penggunaan kata kunci yang berulang - ulang.

Contoh yang baik :

“TokoKebaya menjual beraneka ragam kebaya berkualitas, diproduksi langsung dan dapat dipesan secara online”

Contoh yang jelek :

“Toko kebaya menjual kebaya modern, kebaya sulam, kebaya tradisional dan lain - lain”

Tentu anda tidak ingin pencari web anda pusing membaca keterangan web anda bukan …

Sedangkan meta keyword adalah kumpulan kata kunci yang anda optimalkan, hal ini sudah cukup jelas tidak saya jelaskan lagi.

4. Menulis Title Web yang baik

Menggunakan keyword sebagai landasan utama, anda mesti dapat menulis title web yang tepat mencerminkan website anda, singkat & padat.

Contoh yang baik :

Jual Kebaya Modern & Kebaya Tradisional di Bandung

Contoh yang jelek :

Jual kebaya modern, kebaya tradisional, kebaya batik dengan beraneka ragam model kebaya yang dirancang oleh perancang kebaya profesional di Bandung.

Praktik yang lama, memang sering menganjurkan kita menulis berulang - ulang di title, anda masih bisa menemukan itu di banyak web - web halaman pertama google berbahasa Indonesia.

Namun hal serupa tampaknya sudah mulai tidak berlaku lagi di Google.com / international.

Karena jumlah kata yang terlalu banyak dan berulang di Title mulai dianggap praktik yang jelek oleh Google maupun search engine lain.

5. Menggunakan H1 / H2 / Bold dalam content anda.

Ini adalah salah satu teknik paling kuno yang pernah dianjurkan langsung oleh Google, yaitu menggunakan Heading tag / H1.Karena robot google akan cenderung membaca dan mengenali kata - kata tersebut sebagai kata kunci dalam website anda.

Contoh heading file seperti dibawah ini, dengan meng highlight kata - kata kunci di dalam web anda :

Selamat datang di Toko kami. Toko kami senantiasa menyediakan Bahan (siap jahit) Baju Kebaya Modern , Kebaya untuk seragaman pernikahan , Bahan setelan ibu-bapak ( sarimbit ), Bahan Setelan 2 in 1 (sarung selendang), Bahan sutera , Bahan Kebaya Brukat / Brokat ataupun setelan 3 in 1 ( bahan blouse, sarung, selendang), yang dapat digunakan untuk baju kurung atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Toko kami menyediakan harga yang kompetitif termasuk juga apabila Anda membutuhkan Kebaya untuk jual lagi. Kami bisa mengirimkan produk ke seluruh Indonesia / luar negeri secara langsung melalui Jasa Pengiriman paket Tiki JNE, Pandu Siwi Sentosa atau jasa angkutan lain yang Anda tunjuk.

6. SERING update content web yang relevan dalam website anda.

Dari semua jurus - jurus SEO, tidak ada yang paling jujur dan bersih selain menggunakan teknik ini, sering update isi web anda.

Contohnya : tulislah berita - berita / tips / hasil riset / lainnya terkait dengan bisnis anda, misal kalau tokokebaya anda bisa menulis berita - berita mengenai events Fashion Show kebaya, mengenai karya terbaru perancang kebaya ternama indonesia, tips mengenakan kebaya sesuai acara tertentu, tips memilih kebaya sesuai umur anda, riset pemakai kebaya di Indonesia atau juga berita terkait lainnya.

7. Update isi content anda ke Social Booksmarking.

Seperti delicious, digg dan lainnya akan membantu anda meningkatkan visibility web anda di search engine.

Tujuh trik sederhana ini, bila dipraktikan dengan serius dan konsisten akan membantu optimalisasi website anda tanpa perlu menghabiskan uang jutaan rupiah untuk mengikuti training / membeli tools / lainnya.

( Tulisan ini independent, dan merupakan perspektif tim Cityweb )

No comments: